SEMINAR INTERNATIONAL TRAINING CONSORTIUM ON DISASTER RISK REDUCTION (ITC-DRR)

Share
By September, 25 2007
SEMINAR INTERNATIONAL TRAINING CONSORTIUM ON DISASTER RISK REDUCTION (ITC-DRR)

Baru baru ini Departemen Kesehatan bekerja sama dengan badan kesehatan dunia (WHO) dan JICWELS menyelenggarakan seminar internasional serta meluncurkan sekaligus mengenalkan program pelatihan baru dalam upaya penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana.

Pertemuan yang bertajuk Launching Ceremony on International Training Concortium on Disaster Risk Reduction (ITC-DRR) and International Seminar on "Building Capacity for Disaster Risk Reduction" ini dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 19 September 2007 di Kota Makassar Prov. Sulawesi Selatan dan diikuti oleh 167 orang peserta dari berbagai perwakilan LSM Nasional dan Internasional, Departemen Kesehatan, Universitas, Rumah Sakit, Dinas Kesehatan Provinsi yang menjadi PPK Regional, serta Wartawan. Acara berbuka puasa bersama para peserta seminar yang dilanjutkan dengan Opening Ceremony and Welcome Dinner diadakan di Hotel Imperial Arya Duta Makassar. Dalam acara tersebut sambutan disampaikan oleh Kepala Badan PPSDM Kes Depkes Dr. Bambang Giatno R., MPH, dan Dr. Indermohan S. Narula dari JICWELS.

Launching ceremony dan seminar diselenggarakan keesokan harinya bertempat di Gedung IPTEK Universitas Hasanuddin, Makassar. Dr. Indriyono Tantoro, MPH., Staf Ahli Menteri Bidang Perlindungan Faktor Resiko Kesehatan Mewakili Menteri Kesehatan secara resmi meluncurkan International Training Concortium on Disaster Risk Reduction (ITC-DRR) serta mebuka International Seminar on "Building Capacity for Disaster Risk Reduction". Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pameran tentang kesiapsiagaan sarana kesehatan dalam penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana.

Seminar yang diselenggarakan dalam dua hari tersebut terbagi dalam empat diskusi panel yaitu Global Perspective, Disaster Risk Reduction (Capacity Building), Disaster Risk Reduction (Role of Organization), dan Disaster Risk Reduction (Frame Work) yang menghadirkan pembicara dari instansi lokal dan internasional yang disertai tanya jawab diakhir setiap panel. Dalam seminar tersebut juga disampaikan bahwa kegiatan ITC-DRR akan diselenggarakan sekitar pertengahan bulan November tahun ini di Makassar. Acara ini kemudian ditutup oleh Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Dr. Rustam S. Pakaya, MPH.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait