STATUS GUNUNG KARANGETANG DITINGKATKAN

Share
By August, 13 2007
STATUS GUNUNG KARANGETANG DITINGKATKAN

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Dep. ESDM meningkatkan status kegiatan Gunung Karangetang yang terletak di Prov. Sulawesi Utara menjadi SIAGA (Level III) sejak tanggal 11 Agustus 2007 pukul 15.30 WITA. Hal ini ditetapkan berdasarkan hasil pengamatan kegempaan dan visual yang dilakukan oleh Pos Pengamatan Gunungapi.

Dari hasil pemantauan kegempaan yang dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, terjadi peningkatan amplitudo getaran vulkanik dari 8 mm (tanggal 5 Agustus 2007) menjadi 46 mm sejak tanggal 8 Agustus 2007. Pada pengamatan visual juga terlihat sinar api dengan ketinggian 25 - 75 meter dari bibir kawah disertai semburan lava pijar dengan ketinggian 25 - 75 meter dari puncak kawah utama.

Berdasarkan informasi dari Dinkes Kab. Siau dan Dinkes Prov. Sulawesi Utara, terjadi pengungsian di 2 desa yaitu Desa Dame sebanyak 174 jiwa dan Desa Tatahadeng sebanyak 53 jiwa. Saat ini sudah didirikan pos kesehatan dilokasi pengungsian yang terkonsentrasi di SD Dame dan menyiagakan puskesmas setempat untuk pelayanan kesehatan bagi pengungsi yang sakit.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait