Teknologi Sensor Antisipasi Longsor

Share
By Webmaster July, 08 2017 Intermezo
Teknologi Sensor Antisipasi Longsor

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) semakin mengembangkan teknologi sensor dan alat penghisap untuk kontrol air didalam tanah untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya tanah longsor. Nantinya akan ada dua teknologi yang akan digunakan yaitu alat pemantau pergerakan tanah dan alat untuk menghisap air berlebih dalam tanah.

Sampai saat ini, teknologi yang dikembangkan untuk menghisap air berlebih sehingga bisa mengkontrol kenaikan muka air tanah. Diharapkan dengan adanya teknologi ini bisa mengantisipasi bencana tanah longsor besar. Sebab beberaka kali Indonesia dilanda longsor besar yang menimbulkan banyak korban jiwa.

Nama teknologi ini adalah The GreaTest. Prinsip teknologi ini adalah untuk mengontrol kenaikan muka air tanah, sehingga jika air lebih tinggi dari bidang gelincir yang memicu longsor kita hisap air dalam lereng supaya tetap di bawah bidang gelincir.

Teknologi ini bekerja seperti ketika menghisap bensin dari tangki motor. Saat proses penghisapan maka air akan dialirkan ke kaki lereng. Nantinya akan ditambah filter hisap yang dii hubungkan dengan  sistem pengontrol berupa pipa U sampai posisi air di dalam pipa tersebut sama dengan bidang gelincir

Sumber gambar : kabar24.bisnis.com

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait