Tips Siaga Bencana – Mengatasi Kebakaran di Lingkungan Kerja

Share
By Webmaster July, 12 2017 Intermezo
Tips Siaga Bencana – Mengatasi Kebakaran di Lingkungan Kerja

Kebakaran bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, tentu hal tersebut harus bisa dihindari karena bisa berdampak sangat besar. Kebakaran yang terjadi tidak hanya menghanguskan rumah dan harta benda saja namun juga bisa menimbulkan korban jiwa. Oleh sebab itu kita memang sangat penting untuk bisa mencegah terjadinya kebakaran.

Kebakaran bukan hanya terjadi dikawasan pemukiman saja. Ancaman kebakaran bisa terjadi dimana saja termasuk juga dilingkungan kerja, Tentu hal tersebut perlu kita waspadai. Biasanya gedung perkantoran ataupun gedung lain seperti di mall sudah memiliki alat untuk memadamkan api. yaitu alat pemadam api ringan (APAR). Alat tersebut sangat berguna untuk memadamkan api ringan. Namun bukan hanya menggunakan alat pemadam api, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kebakaran dilingkungan kerja

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Terjadi Kebakaran diLingkungan Kerja

Jangan Panik

Ketika dilingkungan tempat kerja anda terjadi kebakaran, anda tetap tenang dan jangan panik. Panik justru bisa membuat kita celaka. Kepanikan untuk memadamkan api terkadang bisa membuat seseorang bertindak yang bisa membahayakan diri. Oleh sebab itu. Ketika api sudah besar, kita haru mencari jalan keluar, bisa dengan menggunakan tangga darurat.

Cari Alat Pemadam Api Ringan  (APAR)

Sebelum api membasar hal yang perlu dilakukan adalah memadamkan api tersebut. Digedung gedung biasanya sudah disediakan alat pemadam api ringan (APAR). Kita bisa menggunakan alat tersebut untuk memadamkan Api.

Cara menggunakan alat pemadam api ringan ini adalah:

  1.        Menarik PIN Segel.
  2.        Mengarahkan Nozzle ke titik api.
  3.        Menekan handle & semprotkan ke titik api sampai api padam

Mengintruksikan Kerabat Lain Untuk Keluar Ruangan

Ketika terjadi kebakaran, dan situasi sudah tidak memungkinkan. Kita wajib memberitahu kerabat lain untuk segera keluar rungan/keluar gedung. Hal tersebut agar tidak terjadi korban jiwa. Sebab biasanya mereka yang menjadi korban adalah yang terjebak didalam ruangan.

Hubungi Pemadam Kebakaran

Hal yang terakhir yang perlu dilakukan adalah menghubungi pihak pemadam kebakaran. Kita bisa menunggu ditempat aman sambil menunggu Pemadam kebakaran tiba dan memadamkan api. Jangan berdiam didekat gedung yang terbakar karena kebakaran bisa meruntuhkan gedung.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait