Workshop Penyusunan Kerangka Kerja Emergency Medical Team di Indonesia

Share
By Staff PKK November, 24 2016 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Workshop Penyusunan Kerangka Kerja Emergency Medical Team di Indonesia

Dalam rangka menyiapkan kerangka kerja Emergency Medical Team (EMT) di Indonesia, Kementerian Kesehatan sebagai Koordinator Klaster Kesehatan pada penanggulangan bencana perlu untuk menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kerangka Kerja Emergency Medical Team di Indonesia. Tujuan workshop ini adalah untuk menghasilkan kerangka kerja Emergency Medical Team di Indonesia yang mengacu pada pedoman Emergency Medical Team yang telah disusun oleh Word Health Organisation dan berpedoman pada sistem nasional yang telah ada.

Workshop telah dimulai pada hari Kamis tanggal 24 November 2016 dan akan dilanjutkan pada hari Jum’at 25 November 2016 di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pada hari pertama workshop, telah disampaikan beberapa paparan sebagai kerangka berpikir bagi para peserta dalam diskusi kelompok yang akan diadakan pada hari kedua. Diskusi kelompok pada hari kedua akan memfokuskan pada tema standarisasi EMT, registrasi EMT, klasifikasi EMT dan database nasional EMT.

Peserta yang diundang berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Luar Negeri, Badan SAR Nasional, unsur kesehatan TNI, perwakilan dari unit-unit kerja terkait di Kementerian Kesehatan, AHA Center, perwakilan dari organisasi profesi kedokteran dan kesehatan, perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat nasional dan internasional, perguruan tinggi, perwakilan dari WHO dan UNOCHA serta dari Pusat Krisis Kesehatan.

Total peserta yang diundang adalah sebanyak 61 orang. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumberdaya Manusia Kesehatan, Pusat Krisis Kesehatan, Palang Merah Indonesia dan WHO Indonesia. Sedangkan pembahas berasal dari Universitas Gadjah Mada, tim ahli WHO-CC dan WHO Indonesia.

Berikut adalah file terkait dengan kegiatan ini yang bisa anda unduh :

Narasumber sedang memberikan paparan di acara

 

Kepala Pusat Krisis Kesehatan dr. Achmad Yurianto saat memberikan paparan

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait