4 Langkah yang Mampu Membantu Penderita Stres Saat Pandemi Covid-19

Rabu, 25 Agustus 2021

15

4 Langkah yang Mampu Membantu Penderita Stres Saat Pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, baik pemerintah maupun masyarakat secara umum mengalami gejolak baik dari segi kehidupan sosial maupun ekonomi. Kondisi yang tidak diharapkan oleh seluruh masyarakat ini menyebabkan beberapa orang mengalami tingkat stress yang berlebih.

Dilihat dari kondisinya, tingkat stress yang tinggi, bisa menyebabkan seseorang susah untuk tertidur hingga hilangnya nafsu makan, dimana hal ini sangat berbahaya apabila terjadi selama masa pandemi saat ini. Kebutuhan tubuh akan nutrisi baik dan vitamin apabila tidak terpenuhi, maka menyebabkan seseorang akan mudah sakit dan terpapar oleh virus Covid-19.

Selain itu, beberapa penyakit seperti kardiovaskular, gastrointestinal hingga diabetes, juga dapat ditemukan berada di dalam tubuh seseorang dengan tingkat stres yang cukup tinggi. Melihat hal tersebut, penting bagi kita untuk dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan apabila terdapat anggota keluarga maupun kerabat dekat terdapat gejala atau mengalami stress yang tinggi :

  1. Membina hubungan rasa saling percaya dan membantu mengekspresikan perasaan.
  2. Membantu memahami kejadian yang dialami, serta mengajak untuk selalu dekat dengan tuhan
  3. Menelusuri seberapa sering gejala muncul dan seberapa jauh gejala tersebut mengganggu kegiatan sehari – hari
  4. Ajak rujuk ke dokter /psikolog/psikiater jika kondisi tidak ada perubahan untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan

Dengan memahami dan menjalankan 4 hal diatas, kita bisa mampu membantu keluarga serta kerabat kita dalam berjuang melawan stress yang dialami nya. Diharapkan kepada masyarakat apabila merasakan gejala maupun stress berlebih, bisa sesegera mungkin untuk menghubungi tenaga kesehatan melalui fasilitas kesehatan yang tersedia maupun melalui telekonsul yang disediakan oleh rumah sakit tersebut agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. 

Sumber =

1. https://www.instagram.com/p/CS4E_tspsJX/ 

2. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-ilmiah/waspada-ternyata-stres-bukan-hanya-akibat-hilangnya-penglihatan-namun-juga-penyebab