4 Situasi yang Tetap Mewajibkan Masyarakat Menggunakan Masker

134

4 Situasi yang Tetap Mewajibkan Masyarakat Menggunakan Masker

Penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 secara berkala, ditambah dengan penanganan dan pengendalian penyebaran Covid-19 yang semakin membaik, menjadi landasan pemerintah untuk berani melakukan transisi dari pandemi menuju endemi. Dan salah satu upaya awal yang dilakukan adalah dengan melakukan pelonggaran penggunaan masker bagi masyarakat.

Namun demikian, pelonggaran penggunaan masker bukanlah alasan bagi seluruh masyarakat untuk meninggalkan masker secara total, terdapat beberapa situasi dan kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker guna meminimalisir paparan Covid-19, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Saat mengalami gejala batuk dan pilek

  2. Masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan (Lansia atau memiliki penyakit komorbid)

  3. Beraktivitas di dalam ruangan tertutup dan minim ventilasi

  4. Beraktivitas di luar ruangan yang padat orang

Kenyataan bahwa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, harus disadari bersama. Sehingga dengan menggunakan masker pada beberapa kondisi diatas, diharapkan mampu meminimalisir kemungkinan adanya kenaikan kasus aktif kembali di Indonesia.

Tetap jaga protokol kesehatan, pola hidup bersih dan sehat, serta bersegera dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19 agar pembentukan Herd Immunity ditengah masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala Covid-19 ke fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.