5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Telah Didistribusi

96

5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Telah Didistribusi

Tepat pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 yang lalu, sebanyak lima juta dosis vaksin Pfizer yang didapat melalui hasil hibah dari Covax sudah dikirimkan ke 25 provinsi yang ada di Indonesia. Proses distribusi vaksin Pfizer di atas merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk pemenuhan stok vaksin COVID-19 di daerah.

Selain itu, upaya di atas juga merupakan bentuk dorongan pemerintah agar vaksinasi COVID-19 dapat dilakukan dan membentuk herd immunity yang lebih baik lagi di tengah masyarakat Indonesia.

Dalam proses pendistribusiannya, dr. Maxi Rein Rondonuwu selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerangkan bahwa dari lima juta vaksin tersebut, terdapat lebih dari 2,5 juta vaksin yang sudah didistribusikan, sedangkan untuk sisanya akan menjadi buffer stock yang ada di pusat.

Lebih lanjut, dari Maxi juga menerangkan bahwa alokasi yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan permintaan dari daerah dan juga tertuang dalam Surat Edaran Dirjen P2P No SR.02.06/C/5115/2022 Tanggal 24 Oktober 2022 tentang Alokasi Distribusi Vaksin COVID-19 Pfizer Hibah Covax Facility dan Logistik Lain, kepada Dinas Kesehatan Provinsi, Polda, dan Institusi lainnya.

Dengan adanya proses distribusi vaksin tersebut, diharapkan dapat membantu daerah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap vaksinasi COVID-19. Sehingga dengan demikian, Herd Immunity atau kekebalan secara berkelompok dapat lebih diperkuat sehingga menurunkan kesakitan, hospitalisasi, hingga kematian akibat COVID-19 di tengah masyarakat indonesia.