5 Kejadian Bencana Alam Besar Di Indonesia

Share
By Staff PKK September, 30 2016 Intermezo
5 Kejadian Bencana Alam Besar Di Indonesia

Bencana Alam Di Indonesia memang terjadi hampir setiap tahun, hal tersebut karena indonesia termasuk daerah dengan tingkat kerentanan bencana cukup tinggi. berbagai ancaman bencana alam mengintai Indonesia , Mulai dari Gempa Bumi, Tsunami, Banjir, Tanah Longsor hingga letusan Gunung Api. Dari berbagai kejadian bencana tersebut, dampak dan resiko yang di timbulkan cukup besar. berbagai bencana kecil dan besar pernah terjadi di Indonesia selama Abad ke 20 Ini.

Selain itu, Indonesia juga memiliki sejarah kelam terkait bencana besar yang pernah terjadi. Bencana alam besar merupakan kejadiaan yang sulit dielak, terjadi secara spontan menghantam wilayah tertentu, dampaknya menyebabkan kematian manusia dan kerusakan pemukiman parah. Berikut adalah 5 bencana alam besar di Indonesia yang pernah Terjadi.

5 Kejadian Bencana Alam Besar Di Indonesia Pada Abad Ke 20

  • Gunung Merapi Yogyakarta 2010

Pada bulan November 2010, Indonesia menghadapi bencana Letusan Gunung api cukup parah, Yaitu Erupsinya Gunung merapi Yogyakarta. Erupsi tersebut merupakan Erupsi terbesar sejak tahun 1872 dari status aktif Gunung merapi. Luncuran awan panas mencapai yang 15 km ke daerah lereng Gunung Merapi.Letusan pada 5 November menewaskan lebih dari 300 korban jiwa. Selain itu, dampak kerusakan dari letusan ini cukup parah, ratusan ribu rumah mengalami kerusakan, tanaman dan hewan sampai mati Abu vulkanik sampai mencapai 50 km yang merusak rumah warga Magelang dan menunmbangkan tanaman warga.

  • Tsunami Ende, Flores-Nusa Tenggara Timur, 12 Disember 1992

Indonesia pernah menghadapi bencana Tsunami besar sebelum terjadinya Tsunami Aceh. Tsunami besar pernah melanda indonesia pada tahun 1992 yang menyebabkan korban jiwa hingga 2100 orang. Tsunami tersebut terjadi akibat gempa bumi berkekuatan 7.8 Sr di lepas pantai utara bagian timur  Pulau Flores, Indonesia, jam 05:29 GMT kemudian disusul tsunami hanya dua menit setelah gempa pertama. Pusat gempa berada terletak sekitar 35 km barat laut Maumere, yang merupakan kota terbesar di pulau Flores.

  • Gempa Bumi Sumatera Barat 2009

Pada bulan September 2009, Indonesia dilanda Gempa bumi berkekuatan 7.6 Sr di sekitar 50 Km barat laut padang di lepas pantai Sumatera Barat, pada pukul 17:16:10 WIB. Akibat gempa ini, kerusakan cukup parah terjadi di Sumatera Barat dengan korban tewas mencapai 6.234 orang. Gempa ini menyebar di 3 kota dan 4 kabupaten di Sumatera Barat. korban luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang, & 78.604 rumah rusak ringan.

  • Gempa Yogyakarta 2006

Pada tahun 2006 Gempa besar terjadi di Yogyakarta. Gempa Jogja ini menghancurkan ratusan ribu rumah, kurang lebih 5700 korban tewas, terutama anak-anak dan oarng tua usia lanjut 37.937.927 orang luka-luka. Proses evakusi dan pencarian korban tertimpa reruntuhan berlangsung berminggu-minggu yang dilakukan oleh petugas, TNI dan relawan dan bantuan masyarakat.

  • Tsunami Aceh 2004

Gempa berkekuatam 8,5 Sr mengguncang Nias, Asia Tenggara dan Afrika, Gempa ini berpusat di Samudera Jindia pada kedalaman 20 Km  Gempa itu disertai gelombang pasang (Tsunami) yang menyapu beberapa wilayah lepas pantai di Indonesia (Aceh dan Sumatera Utara), Sri Langka, India, Bangladesh, Malaysia, Maladewa dan Thailand. Bencana ini termasuk bencana paling besar sepanjang abad ke 20. Bencana Tsunami Aceh menjadi perhatian seluruh dunia sebab, Korban jiwa akibat bencana ini cukup besar mencapai ratusan ribu jiwa.

 

Sumber : http://blog.act.id/bencana-alam-di-indonesia-terbesar/

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait