5 langkah Sehat di Masa Pandemi

Senin, 26 Juli 2021

4

5 langkah Sehat di Masa Pandemi

Dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang saat ini, merupakan momen yang sangat penting bagi seluruh masyarakat untuk mulai menerapkan hidup sehat. Selain untuk menjaga kondisi fit tubuh, mencegah paparan Covid-19 juga bisa dimulai dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga pola asupan yang masuk ke dalam tubuh.

 Menyadari tentang pentingnya menjaga pola hidup yang sehat selama masa pandemi ini, KEMENKES melalui situs resmi nya membagikan tips agar tetap sehat di masa pandemi Covid-19 sebagai berikut :

  1. Tetap Berada di Dalam Rumah

Membatasi mobilisasi diri sendiri dan keluarga dengan tetap di rumah selama masa pandemi dan PPKM, merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk memutus rantai paparan Covid-19. Dengan berdiam diri di dalam rumah, seseorang yang terkonfirmasi positif dari Covid-19 maupun yang negatif, secara tidak langsung akan mengisolasi Covid-19 agar tidak menyebar dan menular kepada orang lain.

  1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Pertahanan tubuh yang baik, bisa didapatkan apabila kita mencukupkan diri dengan  makanan yang sehat dan bergizi. Dengan menjaga pola makanan yang sehat, secara tidak langsung akan membuat imunitas dalam tubuh kita juga akan meningkat.

  1. Aktivitas fisik 30 menit/hari

Selain melalui makanan yang sehat, aktivitas fisik harian minimal 30 menit dalam sehari juga mampu meningkatkan imun dalam diri seseorang. Untuk itu menjaga makanan yang sehat, dan menjaga tubuh tetap fit dengan berolahraga, merupakan sebuah rangkaian yang memiliki sinergi kuat untuk menjaga kondisi tubuh seseorang untuk tetap berada di kondisi yang baik.

  1. Istirahat setiap duduk 30 menit

Untuk para pekerja yang sedang melakukan Work From Home dan para siswa yang melakukan pembelajaran tanpa tatap muka, cara ini sangat bermanfaat untuk kalian. Kondisi tubuh yang terus berada dalam posisi duduk dan berada di depan komputer, juga bukanlah yang baik. Untuk itu, perlu adanya peregangan atau istirahat setiap 30 menit sekali.

  1. Menjaga Kondisi Mental

Keadaan pandemi yang masih belum kondusif dan mengharuskan seseorang untuk terus berada di dalam rumah jika tidak memiliki keadaan yang mendesak, membuat beberapa orang merasa tertekan. Untuk itu apabila memiliki kebingungan atau ketakutan diharapkan seseorang bisa menceritakan keluhannya kepada orang lain atau kepada ahlinya. Tidak hanya itu, perlu nya untuk saling menguatkan antar keluarga dan tetangga juga mampu memperbaiki kondisi perasaan dan mencegah rasa ketakutan yang melanda selama masa pandemi dan masa PPKM dilangsungkan.

Lima langkah yang telah dipaparkan di atas, diharapkan mampu mengurangi kekhawatiran masyarakat dan juga mampu memberikan informasi mengenai apa saja yang perlu dilakukan selama masa pandemi dan PPKM dilaksanakan.

Sumber :

  1. http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/tips-agar-tetap-sehat-di-masa-pandemi-covid-19