Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- di BOGOR, JAWA-BARAT, 19-10-2020

Rabu, 21 Oktober 2020

46

Informasi Awal Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- di 1 Kecamatan, BOGOR, JAWA-BARAT | 19-10-2020

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- yang terjadi di 1 kecamatan, yaitu Sukajaya, BOGOR, JAWA-BARAT pada tanggal 19-10-2020.

Pada hari Minggu tanggal 18 Oktober 2020 dirumah warga diadakan acara Tahlilan di Desa Sipayung, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Pelaksanaannya dimulai Ba"da maghrib sekitar pukul 18.30 sd 19.30 WIB. Setelah acara selesai sudah menjadi kebiasaan dan adat istiadat pengunjung menyantap makanan yang sudah disediakan Nasi Putih, Daging ayam goreng, dan sambal lalapan(ketimun,Kubis). Sebagian warga mengkonsumsi makanan di lokasi acara tersebut dan sebagiannya dibawa pulang dikonsumsi bersama anggota keuarga yang lainnya. Pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB PKM Sukajaya menerima pasien 8 orang dengan gejala mual, sakit, perut , diare. dan pukul 16.30WIB menerima pasien sebanyak 14 pasien dengan gejala sakit perut, muntah, diare dan mual.

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 44 Orang, terdiri dari 0 orang meninggal, 0 orang hilang, 43 Luka Berat/Rawat Inap , 1 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 0 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

Pengobatan Koordinasi dengan PKM Sukajaya Pelacakan Kasus Baru Pengambilan Sampel Makanan Penyuluhan langsung tentang sanitasi dan keamanan pangan RTL : Pemantauan Perkembangan kasus selama 2 kali masa inkubasi ; Inpeksi Sanitasi tempat pengobatan pangan

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :

Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Bogor

Upaya Dinas Kesehatan Regional :



Upaya Kemenkes :

Melakukan pemantauan Membuat laporan

Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : Dinkes Kab. Bogor
Nama Pelapor :
Jabatan :
No. Telpon :