Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- di MERAUKE, PAPUA-SELATAN, 16-11-2023

140

Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- di MERAUKE, PAPUA-SELATAN, 16-11-2023

Informasi Awal Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- di 1 Kecamatan, MERAUKE, PAPUA-SELATAN | 16-11-2023

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Kejadian-Luar-Biasa-(KLB)---Keracunan- yang terjadi di 1 kecamatan, yaitu Ulilin, MERAUKE, PAPUA-SELATAN pada tanggal 16-11-2023.

Puluhan orang mengalami keracunan usai menyantap makanan tambahan yang disediakan oleh perusahaan kelapa sawit di Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, akibat kejadian ini terdapat 51 orang warga mengalami mual, muntah, pusing dan diare dengan rincian 27 oang balita dan 1 diantaranya dinyatakan meninggal dunia, serta terdapat 1 balita lainnya di rujuk ke Rumah Sakit Bunda Pengharapan Kabupaten Merauke.

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 2 Orang, terdiri dari 1 orang meninggal, 0 orang hilang, 1 Luka Berat/Rawat Inap , 0 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 0 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

Melakukan RHA oleh Puskesmas Ulilin, Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke. Mengerahkan ambulans ke lokasi kejadian. Memberikan pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ulilin. Merujuk korban ke Rumah Sakit Bunda Pengharapan. Memobilisasi petugas surveilans untuk melakukan investigasi dan wawancara. Melakukan pemantauan kejadian keracunan makanan. Membawa sampel makanan ke Lab. Penyuluhan PHBS Membuat laporan kejadian.

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :



Upaya Dinas Kesehatan Regional :



Upaya Kemenkes :

Melakukan pemantauan kejadian bencana. Membuat laporan kejadian bencana

Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke
Nama Pelapor :
Jabatan :
No. Telpon :