Keracunan- di SRAGEN, JAWA-TENGAH, 12-02-2024

250

Keracunan- di SRAGEN, JAWA-TENGAH, 12-02-2024

Informasi Awal Keracunan- di 1 Kecamatan, SRAGEN, JAWA-TENGAH | 12-02-2024

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Keracunan- yang terjadi di 1 kecamatan, yaitu Gemolong, SRAGEN, JAWA-TENGAH pada tanggal 12-02-2024.

Telah terjadi keracunan makanan yang dialami puluhan siswa di SMK Swasta di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Keracunan berawal saat para siswa mengkonsumsi snack pada acara Isara’ Mi’raj di sekolah. Akibat kejadian ini terdapat 59 siswa dan 2 orang guru mengalami mual dan muntah.

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 61 Orang, terdiri dari 0 orang meninggal, 0 orang hilang, 7 Luka Berat/Rawat Inap , 54 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 0 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

Melakukan kaji cepat bidang kesehatan. Memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak di Puskesmas Gemolong, RS Assalam Gemolong, RSUD Suratno Sragen, Memobilisasi petugas surveilans untuk melakukan investigasi dan wawancara. Melakukan pemantauan kejadian keracunan makanan. Membawa sampel makanan ke Labkesda Provinsi Jawa Tengah. Penyuluhan PHBS Membuat laporan kejadian.

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :



Upaya Dinas Kesehatan Regional :



Upaya Kemenkes :



Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen
Nama Pelapor :
Jabatan :
No. Telpon :