Letusan-Gunung-Api di LUMAJANG, JAWA-TIMUR, 04-12-2021

95

Letusan-Gunung-Api di LUMAJANG, JAWA-TIMUR, 04-12-2021

Informasi Awal Letusan-Gunung-Api di 2 Kecamatan, LUMAJANG, JAWA-TIMUR | 04-12-2021

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Letusan-Gunung-Api yang terjadi di 2 kecamatan, yaitu Candipuro,Pronojiwo, LUMAJANG, JAWA-TIMUR pada tanggal 04-12-2021.

Terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru berupa guguran lava panas disertai hujan abu dengan jarak luncur 500-800 m mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada hari Sabtu (04/12/2021) pukul 15.20 WIB.

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 101 Orang, terdiri dari 2 orang meninggal, 0 orang hilang, 22 Luka Berat/Rawat Inap , 27 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 50 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

Melakukan Pemantauan Menghubungi BPBD Kab. Lumajang Menyiagakan Puskesmas Penanggal, Candipuro Melakukan penilaian cepat kesehatan Puskesmas Pronojiwo, Penanggal dan Pasru Jambe standby untuk evakuasi korban Rumah Sakit di Kabupaten Lumajang menerima 4 korban rujukan dan siap menerima rujukan kembali. Melakukan pendataan jumlah korban, kelompok rentan dan kebutuhan. Public Safety Center (PSC) 119 Dinkes dan Puskesmas menyiapkan bantuan logistik, masker, obat-obatan, makanan dan minuman siap saji

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :

Menghubungi Dinas Kesehatan Kab. Lumajang Melakukan kaji cepat untuk menilai kebutuhan logistik kesehatan Menerjunkan tim komunikasi beserta perlengkapan komunikasi mobile Memperkuat pelayanan kesehatan dilapangan dan pengungsian Mengerakan Logistik kesehatan berupa obat-obatan, salep mata, salep luka bakar, masker, dan sarung tangan

Upaya Dinas Kesehatan Regional :



Upaya Kemenkes :

Melakukan pemantauan Menghubungi Dinas Kesehatan Kab. Lumajang Tim Pusat Krisis telah koordinasi dengan Kapusdalops BNPB berangkat malam ini pukul 21.00 menuju Kab. Lumajang. Mengirimkan Disaster Medical Teams (DMTs) Pusat Krisis Kesehatan bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lembaga Penaggulangan Bencana dan Perubahan Iklim – Nahdlatul Ulama (LPBI-NU), Persatuan Ahli Bedah Indonesia (PABI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : PVMBG, BNPB, BPBD Kab. Lumajang, Dinkes Kab. Lumajang, PKK Reg Jatim
Nama Pelapor :
Jabatan :
No. Telpon :