Banjir di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat tanggal 31 Maret 2011

Jumat, 01 April 2011

66

Banjir di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat tanggal 31 Maret 2011

Pada tanggal 31 Maret 2011 Pukul 15.00 WITA telah terjadi Banjir di Dusun Bangkong Desa Karangdina, Kecamatan Labuan Badan, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada tanggal 31 Maret 2011 Pukul 15.00 WITA telah terjadi Banjir di Dusun Bangkong Desa Karangdina, Kecamatan Labuan Badan, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan ketinggian air 50 cm. Banjir disebabkan turunnya hujan terus menerus selama satu malam. Banjir mengakibatkan 13 rumah hanyut, 18 rumah rusak berat dan 28 rumah rusak ringan.

Tidak ada korban meninggal maupun sarana kesehatan yang rusak dalam peristiwa tersebut, tetapi terdapat korban luka ringan sebanyak 2 orang dan terjadi pengungsian sebanyak 123 jiwa.

Jajaran kesehatan setempat menyiagakan pos kesehatan di Pustu Bangkong, melayani pemeriksaan dan pengobatan kesehatan masyarakat, mengirim logistik kesehatan berupa obat-obatan ke Desa Karangdina untuk persiapan Pasca Banjir dan mie instan sebanyak 8 kardus, serta penyediaan air bersih.

Hingga saat ini air telah surut dan permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat.

Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pusat Penanggulangan Krisis Kementerian Kesehatan.