BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR TERJADI DI 7 KAB/KOTA, PROVINSI JAWA TENGAH

Share
By December, 27 2007
BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR TERJADI DI 7 KAB/KOTA, PROVINSI JAWA TENGAH

Pada tanggal 25 Desember 2007 terjadi bencana banjir dan tanah longsor di 7 Kab/Kota Provinsi Jawa Tengah, dengan rincian sebagai berikut :


·    Kabupaten Karanganyar terjadi bencana tanah longsor di 7 Kecamatan, yaitu Kec. Jenawi, Kec.Tawangmangu, Kec.Kerjo, Kec. Ngargoyoso, kec.Matesih, Kec. Jatiyoso dan Kec.Jumapolo.

·    Kab. Karanganyar,  yang mengakibatkan Korban Meninggal sebanyak 33 Orang,  hilang/belum ditemukan 32 orang dan dirawat 10 orang, Pengungsi: 100  Jiwa di rumah penduduk

·    Kabupaten Wonogiri terjadi bencana tanah longsor dan banjir di 3 Kecamatan yaitu Kec.Tirtomoyo, Kec.Manyaran dan Kec. Sidoharjo. Korban meninggal sebanyak 2 Orang dan hilang sebanyak 16 orang,

·    Kabupaten Grobogan terjadi bencana banjir di 10 Kecamatan yaitu Kec. Grobogan, Kec.Geyer, Kec.Porwodadi, Kec.Brati, Kec.Klambu, Kec.Penawangan dan Kec.tegowanu. Korban rawat inap sebanyak 1 orang dan Pengungsi 300 orang

·    Kabupaten Pekalongan terjadi bencana banjir  di 4 Kecamatan yaitu Kec. Sragi, Siwulan, Bojoy dan Tirto dengan  ketinggian air 50 – 100 cm. Pengungsi sebanyak 60 KK

·    Kab. Sukoharjo, bencana banjir di 6 Kecamatan dengan ketinggian air 100 – 150 cm. Tidak terdapat korban jiwa dan pengungsian.

·    Kab. Pemalang, bencana banjir di 3 Kecamatan yaitu Kec. Comal, Ulujami dan Mojo dengan ketinggian air 50 – 100 cm. Tidak terdapat korban jiwa dan pengungsian.

·    Kota Surakarta, bencana banjir di 10 kelurahan yaitu Kel.Gulon, Kel.Pucang sawit, Kel.Jagalan, Kel.Gandekan, Kel.sangkrah, Kel.Kedung Lumbu Joyontakan, Kel.semanggi, dan Pasar Kliwon.

·    Kota. Pengungsi sebanyak 26.000 jiwa, Rawat jalan 1.126 jiwa, dan 3 Puskesmas pembantu terendam banjir

Upaya yang dilakukan sampai saat ini, antara lain mendirikan  pos kesehatan, melakukan evakuasi korban, memberikan pelayanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap serta melakukan Koordinasi dengan Satkorlak Provinsi dan Satlak Kabupaten.

PPK Regional Jawa Tengah mengirimkan Tim Reaksi Cepat  ke daerah Bencana

PPK Regional mengirimkan 4 unit Perahu Karet , Obat  paket bencana, PAC, Aquatab,  dan Kantong jenazah

Depkes RI mengirimkan bantuan Biskuit MP.Asi sebanyak. 10 Ton, makanan Siap saji 5 Ton,  3 unit Perahu Karet  dan 1 unit Tenda Poskes. PPK Depkes  mengirimkan 3 orang petugas RHA di lokasi bencana.

Saat ini permasalahan kesehatan ditangani oleh Depkes dan jajaran kesehatan setempat.

Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinkes Kab. Karanganyar, Pekalongan, Pemalang, Wonogiri, Sukoharjo, Grobogan dan Kota Surakarta,  Dinas Kesehatan Prov. Jawa Tengah, dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait