Cegah DBD saat Pancaroba

1,201

Cegah DBD saat Pancaroba

Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak ditemukan saat musim pancaroba atau musim hujan seperti saat ini, hal ini dikarenakan genangan air yang terdapat pada lubang atau barang-barang bekas akan digunakan untuk tempat berkembang biak nyamuk.

Penyebab demam berdarah dengue sendiri adalah nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue yang dapat mengancam nyawa penderita apabila tidak mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit DBD dan mencegah perkembangan nyamuk Aedes aegypti.

Mencegah Demam Berdarah Dengue.

Mungkin masyarakat tidak asing dengan metode pencegahan DBD menggunakan 3M, yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur. Namun ada beberapa upaya tambahan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan mencegah dbd, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memasang kasa atau kelambu nyamuk

  2. Tidak menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

  3. Menggunakan lotion anti nyamuk

  4. Menggunakan pakaian tertutup saat keluar rumah

  5. Memangkas dan membersihkan tanaman liar di pekarangan rumah

  6. Mendapatkan vaksin DBD

  7. Menjaga daya tahan tubuh

  8. Menghias rumah dengan tanaman anti nyamuk alami

Upaya pencegahan DBD merupakan langkah yang penting untuk dilakukan sebagai langkah preventif agar diri sendiri dan keluarga terbebas dari penyakit demam berdarah.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami demam secara mendadak atau gejala demam berdarah lainnya, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Sumber =

Ayo Sehat