4 Langkah Pencegahan Demam Berdarah Dengue

172

4 Langkah Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Menghadapi musim penghujan, banyak persiapan yang harus dilakukan oleh seseorang. Selain peralatan fisik yang digunakan untuk melindungi diri dari hujan seperti payung dan jas hujan,  namun juga persiapan kondisi tubuh agar terhindar dari penyakit yang biasa datang bersamaan dengan tingginya curah hujan.

Terbentuknya genangan pada penampungan ataupun lubang-lubang akibat air hujan, merupakan salah satu hal yang dapat mengundang penyakit di musim penghujan seperti saat ini, salah satunya adalah demam berdarah dengue. Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang terbentuk akibat dari adanya infeksi virus dengue yang masuk kedalam tubuh melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan sederhana yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue :

1. Memasang kelambu pada tempat tidur maupun jendela

2. Menerapkan program 3M, yaitu menguras, menutup, serta mendaur ulang

3. Memperbanyak konsumsi vitamin C

4. Memperoleh vaksin dengue setelah berkonsultasi dengan dokter.

Penerapan yang baik beberapa langkah diatas, merupakan kunci penting dalam meminimalisir kemungkinan seseorang terpapar demam berdarah dengue selama musim penghujan seperti saat ini. Apabila mengalami gejala penyakit demam berdarah seperti demam tinggi, mual, dan muncul ruam atau bintik merah dalam tubuh, segera periksakan diri ke dokter atau tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tetap jaga protokol kesehatan 5M ketika beraktivitas dan bersegera dalam mendapatkan vaksinasi dosis primer dan dosis lanjutan (Booster) untuk meminimalisir hospitalisasi, kematian, serta kemungkinan terburuk dari paparan Covid-19.