Cegah Penyakit Penyerta saat Pancaroba

301

Cegah Penyakit Penyerta saat Pancaroba

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sedang tidak menentu, dimana pada siang hari cuaca terasa sangat panas, dan di malam hari menjadi hujan deras. Kondisi demikian memberikan gambaran kepada kita bahwa musim pancaroba sedang berlangsung. Pancaroba sendiri merupakan fenomena perpindahan musim dari kemarau menuju hujan ataupun sebaliknya.

Tidak menentunya cuaca, udara, serta temperatur lingkungan, memberikan dampak terhadap seseorang yang tidak memiliki kondisi imun yang baik. Penyakit seperti flu, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, hingga influenza menjadi salah satu penyakit yang sangat umum ditemukan pada kondisi cuaca seperti saat ini. Sehingga dengan demikian, melakukan persiapan untuk mencegah penyakit tersebut menjadi penting untuk diketahui.

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah penyakit saat musim pancaroba yang dapat kita lakukan dalam rangka meminimalisir kemungkinan paparan penyakit penyerta pancaroba, diantaranya adalah:

  1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman

  2. Hati-hati mengkonsumsi makanan, jangan jajan sembarangan.

  3. Minum air yang bersih dan matang.

  4. Menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, dan semut.

  5. Makan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup serta hidup yang teratur, untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan menerapkan beberapa tindakan preventif diatas, diharapkan masyarakat tetap berada dalam kondisi yang sehat selama musim pancaroba, dan mampu menjalani aktivitas dengan maksimal. Tetap jaga pola hidup sehat dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ketika mengalami gejala penyakit, agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, sesuai dengan diagnosa pada gejala yang muncul.