Curah Hujan Tinggi, Waspadai Penyakit Penyerta

361

Curah Hujan Tinggi, Waspadai Penyakit Penyerta

Curah hujan yang tinggi dan cenderung merata di beberapa daerah di Indonesia seperti saat ini, tentunya memiliki potensi yang tinggi untuk terjadinya beberapa bencana yang rutin terjadi, seperti banjir di daerah dengan lereng renda dan saluran air yang tidak baik, dan gempa pada daerah yang berada di lereng curam dan minim pepohonan. Sehingga demikian, masyarakat diharapkan melakukan persiapan agar meminimalisir korban dan kerugian akibat bencana tersebut.

Selain faktor bencana yang perlu mendapatkan perhatian, faktor lain yang perlu diawasi adalah penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan tingginya curah hujan. Berikut ini adalah beberapa penyakit penyerta yang harus diwaspadai selama curah hujan yang tinggi.

1. Diare

2. Demam Berdarah

3. Leptospirosis

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

5. Penyakit kulit

6. Penyakit pencernaan

Dengan mengetahui beberapa jenis penyakit penyerta diatas, diharapkan mampu memberikan kewaspadaan dan keinginan kepada masyarakat untuk dapat mulai menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, makan makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan berolahraga. Tetap terapkan protokol kesehatan 5M ketika beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan dan bersegera dalam mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.