Indonesia Bekerjasama dengan RRT untuk Dukung Implementasi Transformasi Kesehatan

179

Indonesia Bekerjasama dengan RRT untuk Dukung Implementasi Transformasi Kesehatan

Tepat pada 5 April 2023 yang lalu, Dante S. Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia menjadi salah satu delegasi Dialog Tingkat Tinggi Ketiga Republik Indonesia (RI) – Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Beijing.

Pertemuan tersebut merupakan wujud dari komitmen hubungan diplomatik yang sudah terbangun selama 75 tahun dan melakukan kerja sama untuk mendukung implementasi program Transformasi Kesehatan yang saat ini diusung oleh Indonesia.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Pemerintah memberikan apresiasi atas dukungan pemerintah dan industri RRT terhadap transformasi yang dilakukan melalui 23 kerja sama dibidang farmasi dan alat kesehatan.

Selain itu, dalam masa kunjungannya pada tanggal 3-6 April, juga dilakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri dan Kesejahteraan RRT. Yang sekaligus menjadikan Wamenkes Dante sebagai saksi penandatanganan kerja sama antara Minhai Biotechnology dengan PT Biotis Indonesia.

Pada keterangan yang diberikan, Wamenkes Dante juga mengungkapkan bahwa kunjungan yang dilakukan saat ini sangat strategis. Hal ini dapat dilihat dimana pertemuan tersebut juga menghasilkan peluang kerja sama yang lain di sektor kesehatan, seperti dalam pengembangan metode diagnostik, dan layanan kesehatan lainnya.

Sehingga dapat diketahui bahwa keseluruhan kerja sama ini juga dimaksudkan untuk mendukung pilar transformasi kesehatan sekunder untuk akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.