Indonesia Menunjukkan Angka Penyebaran yang Terus Menurun

Thursday, 01 April 2021

13

Indonesia Menunjukkan Angka Penyebaran yang Terus Menurun

Kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat merupakan hal penting yang harus terus diperhatikan sebagai langkah berhasilnya penanganan Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari catatan terkini bahwa pada kasus positif COVID-19 per 1 April 2021 terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 6.142 kasus dengan jumlah kasus aktif ada 121.222 kasus atau persentasenya 8,0% dibandingkan rata-rata dunia 17,2%. Jumlah kesembuhan sebanyak 1.355.578 kasus atau 89,3% dibandingkan rata-rata dunia 80,7%.

Mendapati data diatas, Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa penambahan kasus positif harian terus menurun. Dan penurunan ini ditegaskannya bukan karena angka testing COVID-19 yang menurun, malahan Indonesia telah menyentuh standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO) yakni sebesar 1:1000 orang per minggu.

Kondisi Indonesia yang terus mengalami erbaikan, diharapkan tidak menjadikan masyarakat juga ikut lalai dalam disiplin protokol kesehatan 5M, justru pada momen ini harus memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia agar melanjutkan disiplin protokol kesehatan, sehingga lonjakan kasus dapat diminimalisir.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/angka-testing-nasional-menunjukkan-laju-penularan-menurun