Kasus Aktif Covid-19 Menurun, Diikuti Penurunan Kasus Konfirmasi Harian

57

Kasus Aktif Covid-19 Menurun, Diikuti Penurunan Kasus Konfirmasi Harian

Proses penanganan serta pengendalian Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Hal ini ditandai dengan adanya perbaikan kasus aktif Covid-19 secara konsisten sejak februari tahun 2022, dimana per-tanggal 10 maret 2022, jumlah penurunan kasus hingga menyentuh 399.583, setelah sebelumnya sempat di posisi 417.219.

Menanggapi kondisi demikian, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., selaku Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes mengungkapkan bahwa adanya penurunan kasus secara konsisten ini memberikan optimisme pada upaya penanganan Covid-19 yang saat ini menjadi perhatian pemerintah. Selain itu, penurunan kasus aktif juga diikuti dengan angka keterisian rumah sakit dan kesembuhan pasien Covid-19 hingga mencapai 38.399 setelah sebelumnya berada di angka 31.705.

Lebih lanjut, dr. Siti nadia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih giat dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi Covid-19. Karena dengan hal tersebut, proses pembentukan Herd Immunity atau kekebalan secara berkelompok dapat berjalan dengan lancar, sehingga memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Kunci penting dalam melakukan pengendalian kasus aktif Covid-19 adalah dengan kesediaan seluruh masyarakat untuk melakukan vaksinasi dosis primer maupun booster, serta menjalankan protokol kesehatan sampai kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan membaik.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala Covid-19 agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.