Kemenkes Mendukung Pembangunan Fasilitas Kesehatan di Cianjur Pasca Gempa

305

Kemenkes Mendukung Pembangunan Fasilitas Kesehatan di Cianjur Pasca Gempa

Sejak gempa yang terjadi pada November tahun 2022 yang lalu, banyak dasilitas kesehatan yang terdampak dan tidak bisa digunakan. Sehingga dengan demikian, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) terus mendorong pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hal ini dilakukan masyarakat bisa kembali merasakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Dalam kunjungannya ke Cianjur pada Kamis, 17 Februari 2023, Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa pemerintah pusat akan terus mendukung pembangunan fasilitas kesehatan di daerah, termasuk di Kabupaten Cianjur.

Wamenkes juga menekankan akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna menindaklanjuti pembangunan kembali Puskesmas Cugenang dan fasyankes lainnya yang terdampak gempa bumi Cianjur.

Selain itu, Menteri Kesehatan juga meninjau langsung beberapa fasilitas kesehatan di Kabupaten Cianjur. Saat ini diketahui kondisi  fasilitas kesehatan di cianjur masih terkendala dengan proses pembangunannya, sehingga proses pelayanan kesehatan dilakukan melalui tenda-tenda darurat.

Saat melakukan peninjauan, Wamenkes meneyempatkan diri untuk melakukan wawancara dengan masyarakat yang ada di sekitar RSUD Sayang. Dalam wawancara tersebut, banyak masyarakat berharap pembangunan infrastruktur di RSUD Sayang dapat segera selesai agar mendapatkan fasilitas pelayanan yang lebih nyaman.

Diharapkan dengan adanya upaya pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan di Cianjur, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.