Kemenkes Siapkan PeduliLindungi Dalam 13 Bahasa

167

Kemenkes Siapkan PeduliLindungi Dalam 13 Bahasa

Dalam rangka meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan di bidang kesehatan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia pada November 2022, Kementerian Kesehatan akan menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa. Hal ini pertama kali disampaikan oleh Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan RI.

Secara rinci, dr. Dante Saksono menjelaskan bahwa saat ini telah terdapat 9 bahasa seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Cina, bahasa Prancis, bahasa Jepang, bahasa Rusia, bahasa Arab, bahasa Korea, dan bahasa Spanyol. Kedepannya akan kembali ditambahkan 4 bahasa yaitu, Portugis, bahasa Jerman, bahasa Italia, dan bahasa Turki.

Selain penggunaan 13 bahasa pada aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Kesehatan akan akan melakukan persiapan di bidang lain, seperti persiapan standar protokol kesehatan, persiapan pelayanan kesehatan, dan akses komunikasi delegasi terhadap protokol kesehatan dan pelayanan kesehatan.

Dengan adanya persiapan tersebut, diharapkan prosesi Konferensi Tingkat Tinggi G20 dapat berjalan dengan lancar dan bebas dari penyebaran COVID-19. Selain itu KTT G20 juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kemajuan bangsa Indonesia, terutama pada kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini.