Kepastian Keamanan dan Efektivitas Vaksin yang Digunakan oleh Indonesia

Saturday, 12 June 2021

7

Kepastian Keamanan dan Efektivitas Vaksin yang Digunakan oleh Indonesia

Pada tanggal 10 Juni 2021, Pemerintah kembali berhasil mendatangkan 1,5 juta dosis vaksin Covid-19 dengan jenis AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAC Facility. Dengan adanya kedatangan vaksin tersebut, saat ini pemerintah sudah mengamankan 93,7 juta dosis yang terdiri dari vaksin berjenis AstraZeneca, SInopharm dan juga Sinovac.

Dalam proses distribusi dan penyuntikkan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia, Pemerintah telah memastikan bahwa vaksin tersebut dinyatakan aman, karena telah mendapatkan Emergency Use of Listing (EUL) dari WHO (World Health Organization) sehingga telah memenuhi standar kualitas, keamanan dan efektivitas.

Saat ini, vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah memasuki tahap ke-3 melalui pelaksanaan terbatas. Sebagai salah satu kota dengan tingkat paparan dan mobilitas yang cukup tinggi, Pemerintah DKI Jakarta telah melaksanakan program vaksinasi untuk masyarakat dengan usia diatas 18 tahun dengan tetap memberikan prioritas terhadap tenaga kesehatan, kelompok lanjut usia dan petugas pelayanan publik.

Maka dengan demikian, program vaksinasi juga diharapkan dapat segera  diadakan pada daerah-daerah lainnya yang memiliki tingkat paparan Covid-19 yang cukup tinggi. Selain itu, masyarakat juga harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan meski telah melaksanakan vaksinasi, hal ini dikarenakan tubuh memerlukan perlindungan kompleks dari paparan Covid-19 dengan cara mengkolaborasikan vaksinasi dan kepatuhan protokol kesehatan.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/vaksin-digunakan-indonesia-telah-memenuhi-standar-kualitas-keamanan-dan-efektivitas