Kepatuhan Protokol Kesehatan Berpengaruh Terhadap Laju Penularan Covid-19

Kamis, 17 Juni 2021

7

Kepatuhan Protokol Kesehatan Berpengaruh Terhadap Laju Penularan Covid-19

Dalam rangka melakukan antisipasi terhadap lonjakan kasus Covid-19 di tengah masyarakat, Pemerintah melakukan sebuah pendekatan kepada masyarakat secara pentahelix, yang melibatkan berbagai unsur masyarakat, mulai dari pemerintah, akademisi, swasta, komunitas, dan masyarakat umum. Selain itu, upaya yang dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 juga menekankan pada prinsip 3K (Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi). Adanya usaha untuk menekan laju penyebaran Covid-19, pemerintah juga terus meningkatkan operasi yustisi untuk mengawasi penegakan protokol kesehatan serta pembatasan mobilitas di tengah masyarakat.

Sonny B. Harmadi, selaku Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 memberikan pernyataan bahwa adanya lonjakan kasus Covid-19 merupakan salah satu risiko dari adanya libur panjang yang diiringi dengan tingginya mobilitas masyarakat dan menurunnya kepatuhan  protokol kesehatan. Maka, dapat disimpulkan bahwa kenaikan angka kasus Covid-19 sangat berbanding lurus dengan tingkat kepatuhan masyarakat dalam disiplin protokol kesehatan dan membatasi mobilitas di luar ruangan.

Maka dengan adanya usaha dan kerjasama dari seluruh masyarakat dalam menerapkan serta disiplin dalam protokol kesehatan dan membatasi mobilitas, diharapkan dapat mencegah adanya sebuah lonjakan kasus Covid-19 , terutama pada saat momen libur Idul Adha mendatang.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/tekan-laju-penularan-covid-19-lewat-kesadaran-patuhi-protokol-kesehatan