Kerjasama Indonesia - UAE untuk Pengentasan TBC di Indonesia

93

Kerjasama Indonesia - UAE untuk Pengentasan TBC di Indonesia

Dalam rangka melakukan pengentasan TBC di Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sebagai chair B20 mengadakan Exchange MoU di bidang kesehatan dengan perusahaan dari United Arab Emirates (UAE) yang dilaksanakan pada Senin 14 November 2022 yang lalu. Proses penandatanganan MoU tersebut turut dihadiri dan disaksikan secara langsung oleh Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Pada keterangannya, Menteri budi menyampaikan bahwa kerja sama tersebut merupakan tonggak penting dalam membangun kapabilitas Indonesia melalui transfer teknologi dan pengetahuan, serta tidak lupa untuk memanfaatkan solusi terbaik di kelasnya untuk meningkatkan ekosistem kesehatan Indonesia.

Rencananya, Perusahaan di UEA akan mengembangkan pusat kesehatan dengan perusahaan Indonesia yang kuat mampu bersaing secara internasional. Sehingga dengan demikian, dibutuhkan teknologi kelas dunia dan SDM kelas dunia untuk mencapai hal tersebut. Hal ini dinilai positif karena dengan demikian, peningkatan populasi dengan kualitas kesehatan yang bagus, dan pertumbuhan ekonomi dapat terjadi.

Lebih lanjut, United Arab Emirates (UAE) Melalui Nota Diplomatik Kedubes PEA di Jakarta No. 1/3/19-281 juga menyampaikan komitmen bahwa Pemerintah Uni Emirat Arab akan memberikan hibah berupa Financial Aid sebesar 20 Juta USD untuk mendukung program pencegahan tuberkulosis di Indonesia.

Dengan terlaksananya kerjasama tersebut, diharapkan dapat memperkuat program pencegahan tuberkulosis di Indonesia, sehingga jumlah masyarakat yang terpapar tuberkulosis dapat semakin diminimalisir.