Ketersediaan Vaksinator, Merupakan Instrumen Penting dalam Vaksinasi Massal

Jumat, 05 Pebruari 2021

7

Ketersediaan Vaksinator, Merupakan Instrumen Penting dalam Vaksinasi Massal

Sebagai bentuk komitmen dalam memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah menggelar vaksinasi nasional pada Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam program tersebut, Kementerian kesehatan dan pemerintah daerah memberikan target vaksinasi hingga 6000 tenaga kesehatan. Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa adanya program vaksinasi merupakan salah satu cara yang diambil oleh pemerintah dalam mendorong tenaga kesehatan untuk turut serta dalam program vaksinasi tersebut.

Namun berbeda dengan daerah lain, apabila ingin melakukan kegiatan serupa, pemerintah memberikan himbauan untuk bisa mempertimbangkan ketersediaan tenaga vaksinator agar program vaksinasi massal yang telah direncanakan oleh pemerintah setempat dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran. 

Bagi masyarakat umum, program vaksinasi nantinya akan menggunakan sistem data yang akan bekerjasama antara Telkom, Kementerian Kesehatan BPJS, dan Kementerian Koordinator Perekonomian. Maka dengan demikian penyelenggaraan dan kemudahan untuk bisa mengakses vaksin Covid-19, mampu mendorong keinginan seluruh masyarakat dan tenaga medis untuk mengikuti program vaksinasi, sehingga Herd Immunity di tengah masyarakat

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/program-vaksinasi-massal-harus-mempertimbangkan-ketersediaan-tenaga-vaksinator