Komitmen Pemerintah dalam Mendukung Inovasi Kesehatan

Friday, 16 April 2021

7

Komitmen Pemerintah dalam Mendukung Inovasi Kesehatan

Dalam proses penanganan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, perlu adanya sebuah kerjasama yang baik antara pemerintah sebagai regulator kebijakan, masyarakat sebagai pelaksana kebijakan, dan unsur-unsur lain yang memberikan dukungan serta inovasi dunia kesehatan. sehingga demikian, kasus aktif serta ketergantungan kepada negara lain dapat sama-sama diselesaikan dalam waktu yang cepat.

Dalam keterangan yang diberikan kepada pers terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (15/4/2021), Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, menyatakan bahwa pemerintah sangat mendukung langkah inovasi di bidang kesehatan. Karena inovasi di bidang kesehatan merupakan langkah penting mewujudkan kemandirian bangsa. Namun dalam penerapannya, inovasi di bidang kesehatan harus tetap mengikuti kaidah, tahapan ilmiah, sehingga inovasi yang dihasilkan memiliki manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai penutup, wiku juga berkomitmen dalam mengembangkan Vaksin Merah Putih. Karena vaksin tidak hanya menyelesaikan masalah kapasitas vaksin di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat global. Mengingat masih ada kurang lebih 130 negara yang belum terakses vaksin Covid-19 sama sekali. Dengan demikian, diharapkan inovasi anak bangsa tersebut mampu menekan angka penyebaran covid-19 dan mampu melepaskan Indonesia dari ketergantungan terhadap negara lain terkait pemberian vaksin Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pemerintah-mendukung-inovasi-kesehatan-untuk-mewujudkan-kemandirian-bangsa