Manfaat Teknologi Biopori

Selasa, 04 Juli 2017

2,589

Manfaat Teknologi Biopori

Lubang biopori atau lubang resapan biopori merupakan lubang silindris yang dibuat secara vertikal kedalam tanah sebagai sebuah cara resapan air untuk mencegah terjadinya genangan air dan meningkatkan daya resap air pada tanah. Lubang biopori menjadi sebuah metode untuk mengatasi genangan air di lingkungan rumah atapun kantor.

Dengan adanya lubang biopori tentu akan meningkatkan daya peresapan air dan cadangan air tanahPembuatan lubang resapan biopori akan memperluas bidang permukaan peresapan air seluas permukaan dinding lubang. Bentuk lubang, diameter serta kedalaman lubang biopori berpengaruh terhadap daya resapan air.

Biopori juga akan merubah sampah organik menjadi kompos. Sampah rumah tangga seperti sampah dapur atau sampah tanaman bisa dimasukan kedalam lubang biopori. Sampah organik ini merupakan sumber energi dan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh biota tanah untuk melakukan kegiatannya melalui proses dekomposisi. Sampah yang sudah didekomposisi ini biasa dikenal dengan kompos. Sehingga lubang biopori akan berfungsi sekaligus sebagai tempat pembuatan kompos