Manfaatkan Forkompinda untuk Menekan Angka Penyebaran Covid-19 Lintas Wilayah

Selasa, 15 Juni 2021

2

Manfaatkan Forkompinda untuk Menekan Angka Penyebaran Covid-19 Lintas Wilayah

Menginjak minggu kelima pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, perkembangan kasus Covid-19, masih didominasi oleh daerah-daerah di pulau Jawa. Peringkat pertama diduduki oleh DKI Jakarta, kemudian disusul oleh Jawa Tengah, Jawa Barat, Di Yogyakarta dan terakhir adalah Jawa Timur.

Menurut Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19. Kenaikan kasus tersebut terjadi di daerah tujuan mudik seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Banten serta Jawa Barat. Sementara daerah asal mudiknya adalah DKI Jakarta.

Dalam menanggapi fenomena berikut, Prof. Wiku meminta kepada pemerintah daerah memanfaatkan forum komunikasi antar pimpinan daerah (Forkompinda) untuk dapat menyelesaikan permasalahan dan memberikan solusi terkait pengendalian Covid-19 di daerah masing-masing. Namun, apabila upaya kemandirian daerah ini tidak menemukan solusi, pemerintah pusat siap untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sebagai penutup, Prof. Wiku memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bisa membatasi mobilitas baik di dalam maupun luar negeri, serta disiplin protokol kesehatan dan mematuhi kebijakan pemerintah merupakan hal yang dapat dilakukan agar meminimalisir tingkat penularan yang terjadi di tengah masyarakat.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/upaya-gotong-royong-akan-memaksimalkan-penanganan-dan-mengurangi-beban-daerah