Meningkatnya Kepatuhan Protokol Kesehatan saat PPKM Mikro

Rabu, 17 Pebruari 2021

3

Meningkatnya Kepatuhan Protokol kesehatan saat PPKM Mikro

Dalam melakukan evaluasi dan melihat perkembangan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, pemerintah melakukan monitoring selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat kabupaten/kota dan dilanjutkan dengan PPKM Mikro tingkat RT/RW. Melalui hasil pemantauannya, pemerintah melihat adanya sebuah perkembangan kasus positif Covid-19 dan kepatuhan protokol kesehatan masyarakat yang secara  perlahan menunjukkan hasil yang cukup baik.

Meski demikian, Dalam keterangannya kepada pers, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberikan sebuah catatan bahwa adanya perkembangan tersebut, dinilai belum terlalu memuaskan, hal ini dikarenakan  data tingkat kepatuhan protokol kesehatan, tidak berhasil dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker.

Namun pemerintah masih tetap optimis, bahwa dengan adanya PPKM mikro ini, akan memberikan hasil yang positif, baik kepada kepatuhan masyarakat, sampai angka kasus paparan Covid-19. Hal ini dikarenakan pada minggu pertama dalam penerapan PPKM tersebut menunjukkan angka penambahan kasus mingguan turun dengan drastis.

Untuk itu, masyarakat bersama dengan pemerintah diharapkan bisa menjalin kerjasama yang baik dengan tetap menjalankan dan disiplin protokol kesehatan 3M, sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/meningkatnya-kepatuhan-protokol-kesehatan-saat-ppkm-mikro-sejalan-dengan-penurunan-kasus-positif