Menteri Kesehatan Mengajak Lansia untuk Vaksinasi COVID-19

87

Menteri Kesehatan Mengajak Lansia untuk Vaksinasi COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, penting bagi kita untuk bisa menerapkan berbagai instrumen pencegahan seperti mengikuti program vaksinasi COVID-19, khususnya bagi kelompok masyarakat yang masuk kedalam kelompok berisiko seperti lansia.

Dengan kondisi demikian, maka Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI memberikan arahan terkait manfaat dari mengikuti vaksinasi kepada para lansia yang mengikuti vaksinasi dosis 1, dosis 2, dan booster di Aula Kantor Bupati Kubu Raya pada Hari Selasa 09 agustus 2022.

Dalam keterangannya, Budi Gunadi menjelaskan bahwa dengan mengikuti program vaksinasi di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, akan meminimalisir berbagai risiko terburuk seperti hospitalisasi, kesakitan, hingga kematian yang diakibatkan dari paparan COVID-19.

Lebih lanjut, Budi Gunadi juga menjelaskan bahwa lansia merupakan kelompok yang berisiko karena lansia yang tertular COVID-19 dan dirawat di rumah sakit, memiliki risiko kematian hingga 20 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan lansia dibawah usia 50 tahun. Sehingga dengan demikian,para lansia diharapkan bisa sesegera mungkin untuk bisa mendapatkan vaksinasi booster.

Adanya penjelasan diatas, diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat khususnya lansia untuk mau mengikuti program vaksinasi COVID-19. Selain itu, para generasi muda juga diharapkan mampu membantu para lansia untuk bisa mendapatkan vaksinasi melalui edukasi dan pengantaran ke fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi COVID-19.

Tetap disiplin protokol kesehatan dan bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala COVID-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan sesuai dengan prosedur penanganan pasien terkonfirmasi COVID-19.