Pandemi Belum Usai, Tetap Terapkan Upaya Pencegahan

367

Pandemi Belum Usai, Tetap Terapkan Upaya Pencegahan

Kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin membaik, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama antara pemerintah selaku regulator, tenaga medis selaku garda terdepan dalam melakukan penanganan COVID-19, masyarakat yang senantiasa terus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan serta vaksinasi, dan seluruh elemen lain yang turut membantu dalam melakukan pengendalian COVID-19.

Saat ini pemerintah telah melakukan transisi dari pandemi menuju endemi, dimana salah satu regulasinya adalah dengan melakukan pelonggaran penggunaan masker di lokasi yang tidak padat orang. Namun demikian, kenyataan bahwa pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir mengingatkan kepada kita untuk terus waspada dan meminimalisir potensi penularan COVID-19.

Dalam keterangannya pada agenda keterangan pers secara virtual, Kamis (2/6/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa sebagai bagian dari dunia, diharapkan kepada masyarakat tetap melakukan upaya pengendalian salah satunya penggunaan masker.

Dengan demikian diharapkan angka kasus COVID-19 akan terus mengalami penurunan, sehingga kehidupan masyarakat akan secepatnya kembali seperti sedia kala. Tetap jaga protokol kesehatan dan bersegera dalam mengikuti program vaksinasi COVID-19 dosis primer maupun booster agar meminimalisir potensi hospitalisasi dan kematian akibat COVID-19.