PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA KONTINJENSI

Share
By October, 12 2006
PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA KONTINJENSI

Pelatihan penyusunan rencana kontinjensi dalam penanggulangan krisis akibat bencana untuk 9 Pusat Bantuan Regional dilaksanakan di Surabaya tanggal 9 s.d. 12 Oktober 2006. Pelatihan ini dimaksudkan agar setiap Pusat Bantuan Regional dapat menyusun rencana kontinjensi sesuai dengan ancaman spesifik tiap daerah.

Kontinjensi adalah suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi, tetapi mungkin juga tidak akan terjadi. Rencana Kontinjensi adalah suatu proses identifikasi dan penyusunan rencana yang didasarkan pada keadaan kontinjensi atau yang belum pasti tersebut. Suatu rencana kontinjensi mungkin tidak selalu dioperasionalkan, jika keadaan yang diperkirakan tidak terjadi.
Peserta pelatihan berasal dari 9 Pusat Bantuan Regional, yaitu Dinkes Prov. Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa TImur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara ditambah 2 provinsi yaitu Sulawesi Barat dan Maluku. Peserta pelatihan yang berjumlah 50 orang selain mendapatkan pemaparan materi juga secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok menyusun rencana kontinjensi sesuai dengan penilaian analisa resiko tertinggi dari bencana di daerah masing-masing. Dalam pelatihan ini Dinkes Prov. DKI Jakarta menyusun rencana kontinjensi “Penanganan bencana kebakaran di pemukiman” dan Dinkes Prov. Sumsel menyusun rencana kontinjensi “Penanganan kabut asap”.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait