PELATIHAN TEKNIS LAPANGAN

Selasa, 03 Oktober 2006

199

Pada tanggal 12 – 13 September 2006 Pusat Penanggulangan Krisis melaksanakan kegiatan Pelatihan Teknis Lapangan di Buperta Pramuka Cibubur yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petugas kesehatan tentang persiapan, penggunaan dan perawatan perahu karet beserta kelengkapannya, serta pengetahuan dasar pemberian pertolongan kepada korban didalam air.

Peserta pelatihan ini merupakan petugas kesehatan yang berasal 22 provinsi, 7 kabupaten dan 14 Rumah Sakit dari Seluruh Indonesia yang terdiri dari 15 orang Dokter PTT Brigade Siaga Bencana, 36 orang dari Dinas Kesehatan dan 52 orang Unit Utama Departemen Kesehatan.

Pelatihan Teknis Lapangan ini bekerja sama dengan Badan SAR Nasional ( Basarnas ). Dalam teknis pelaksanaannya, seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang peserta. Materi yang diberikan antara lain cara menyiapkan dan menyimpan perahu karet, cara menggunakan perahu karet, teknis penggunaan motor tempel, penggunaan perahu karet dengan motor tempel, teknik memberikan bantuan tanpa dan dengan alat bantu dan teknik mendayung.

Setelah pelatihan ini diharapkan pengetahuan yang telah didapat oleh peserta pelatihan dapat diterapkan didaerah masing-masing.