Pemerintah Kedepankan Edukasi, untuk Sukseskan Vaksinasi

Jumat, 15 Januari 2021

10

Pemerintah Kedepankan Edukasi, untuk Sukseskan Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19 secara nasional telah berlangsung di Indonesia. Adanya gagasan ini merupakan langkah yang diambil oleh pemerintah untuk mengendalikan persebaran dan kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

Dalam proses pelaksanaanya, pemerintah lebih memilih untuk memberikan pengertian serta pemahaman kepada masyarakat mengenai apa itu vaskin dan apa manfaat dari mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini, daripada harus menerapkan sistem hukuman bagi masyarakat yang menolak untuk mengikuti vaksinasi

Menurut Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 di Indonesia, mengedepankan edukasi kepada masyarakat akan lebih membuat masyarakat mengerti dan memahami mengenai manfaat dari vaksinasi yang merupakan kunci dari terbentuknya Herd Immunity atau kekebalan secara berkelompok. Selain itu, dengan memahami manfaat dari mengikuti program vaksinasi Covid-19, masyarakat bisa mengambil bagian dalam upaya melindungi diri sendiri, keluarga, serta negaranya. 

Meski tidak sedikit masyarakat yang masih menolak terhadap program tersebut, hal ini dianggap wajar dan juga terjadi di negara lainnya karena pandemi merupakan hal yang baru bagi semua masyarakat dan belum siap untuk menghadapinya. untuk itu, pemerintah diharapkan bisa memberikan edukasi dan arahan kepada masyarakat dengan baik agar program vaksinasi di Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/satgas-kedepankan-edukasi-masyarakat-manfaat-vaksinasi