Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker

222

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker

Perbaikan kondisi pandemi Covid-19 dunia, menandakan bahwa proses penanganan dan pengendalian melalui instrumen-instrumen seperti pembatasan mobilitas, penerapan protokol kesehatan, hingga melakukan vaksinasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Di Indonesia sendiri, kondisi pandemi juga menunjukkan perbaikan yang signifikan, sehingga dengan dasar tersebut, pemerintah berani memulai untuk melakukan transisi dari pandemi menuju endemi.

Pada keterangan yang diberikan kepada pers saat jumpa pers secara daring bersama Satgas Penanganan Covid-19 (17/05/2022), Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan mengungkapkan bahwa sebagai langkah awal, pemerintah akan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka. Selain itu, pemerintah juga melonggarkan aturan perjalanan dalam negeri dan luar negeri. Bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin lengkap tidak perlu melakukan pemeriksaan PCR atau antigen.

Menteri kesehatan menambahkan bahwa peraturan akan lebih dilonggarkan seiring berjalannya waktu dan mempertimbangkan tingkat kenaikan dan penurunan kasus aktif di tengah masyarakat. Sehingga dengan demikian diharapkan masyarakat untuk dapat tetap menerapkan hidup bersih dan bersegera dalam melakukan vaksinasi agar pembentukkan herd immunity dapat berjalan dengan cepat dan rantai penularan dapat segera diakhiri.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala Covid-19 agar dapat segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, sesuai dengan prosedur penanganan pasien Covid-19.