Peningkatan Kasus Covid-19 Di Indonesia Mengalami Pasang Surut

Selasa, 24 Agustus 2021

10

Peningkatan Kasus Covid-19 Di Indonesia Mengalami Pasang Surut

Dalam beberapa waktu terakhir, pandemi Covid-19 menjadi gelombang pasang bagi beberapa negara di dunia. Peningkatan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini diindikasikan berkaitan dengan semakin merebaknya virus dengan varian Delta.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyatakan bahwa pada 4 Agustus 2021 yang lalu, kasus paparan virus Covid-19 mencapai angka hingga 200 juta kasus, dimana hal ini menjelaskan bahwa angka persebaran di dunia mencapai dua kali lipat dibanding dengan sebelumnya. 

Berbeda dengan kasus di dunia yang saat ini mengalami peningkatan, justru di negara ASEAN sendiri mengalami penurunan angka kasus sebanyak 0,4%, sedangkan untuk di Indonesia sendiri, jumlah penurunan angka kasus positif Covid-19 mencapai hingga  minus 22%. 

Retno dalam penyampaiannya juga menuturkan harapannya kepada seluruh masyarakat indonesia agar bisa tetap menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M (Menggunakan masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak, Membatasi Mobilitas Serta Menghindari Kerumunan) meski terjadi adanya penurunan angka kasus paparan Covid-19. Tidak hanya itu, program vaksinasi nasional yang telah berjalan dalam kurun waktu beberapa waktu terakhir, diharapkan juga dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat dan juga pemerintahan, sehingga Herd Immunity dapat segera tercapai dan masyarakat terhindar dari risiko terpapar dan kematian akibat Covid-19

Sumber =

1. https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/kasus-covid-19-global-masih-fluktuatif-menlu-imbau-masyarakat-tetap-waspada/