Peningkatan Koordinasi Pusat dan Daerah dalam Penanganan Covid-19

Rabu, 25 Agustus 2021

25

Peningkatan Koordinasi Pusat dan Daerah dalam Penanganan Covid-19

Dalam situasi sulit menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia, adanya sebuah koordinasi dan kerjasama dalam setiap elemen masyarakat dan juga pemerintah. Adanya upaya - upaya tersebut, dimaksudkan agar masyarakat dan pemerintah dapat bersama sama menghadapi pandemi Covid-19 ini dengan baik dan cepat.

Melihat situasi dan kondisi persebaran dan penanganan Covid-19 di Indonesia yang dalam beberapa minggu kebelakang dapat dikendalikan dengan baik, maka hal ini harus terus diupayakan dan dipertahankan, salah satunya dengan meningkatkan solidaritas dari para lembaga yang terkait dalam penanganan dan pengendalian Covid-19.

Kemenko PMK menggelar sebuah rapat yang dihadiri oleh sejumlah menteri, kepala daerah, dinas sosial dan dinas kesehatan guna membahas mengenai penguatan solidaritas. Melalui pertemuan tersebut, Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa pemerintah membentuk sekretariat bersama penanganan Covid-19 sebagai salah satu bentuk percepatan penanganan pandemic.

Selain itu, pemerintah juga masih terus berusaha untuk mengamankan dan menjaga stok vaksinasi Covid-19 agar bisa terus memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara melakukan diplomasi kepada negara – negara sahabat agar terjadi kerja sama dan pemenuhan vaksin di Indonesia.

Dengan demikian, untuk menjaga adanya sebuah kerja sama yang baik, terutama dalam pengendalian vaksinasi di Indonesia, masyarakat Indonesia diharapkan juga turut berperan aktif dalam pengawasan di lapangan. Segera laporkan jika ada oknum yang meminta upah atau pembayaran lain ketika melakukan vaksinasi melalui itjen.kemkes.go.id

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pemerintah-perkuat-koordinasi-pusat-daerah-untuk-percepatan-penanganan-pandemi-covid-19