Peran Serta Relawan Kesehatan dalam Penanggulangan Banjir Di Provinsi Kalimantan Barat

Friday, 19 November 2021

51

Peran Serta Relawan Kesehatan dalam Penanggulangan Banjir Di Provinsi Kalimantan Barat

Jakarta, 19 November 2021

Bencana banjir masih terus melanda beberapa kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Sudah masuk minggu ketiga, relawan kesehatan turut terlibat dalam menanggulangi bencana tersebut. Relawan kesehatan yang datang memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Berbagai unsur terlibat untuk membantu masyarakat terdampak dilokasi bencana. Relawan yang mendukung penanganan bencana di Provinsi Kalimantan Barat seperti Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) dan relawan lainnya membangun pos kesehatan dan bersama dengan tenaga kesehatan Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak.

Relawan Kesehatan memberikan penyuluhan kepada masyarakat terhadap risiko penyakit yang ditimbulkan akibat banjir seperti penyakit kulit, diare dan batuk pilek. Hal ini berdampak positif pada respon masyarakat yang antusias terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, pemberian obat-obatan dan program lain yang dilakukan untuk mempercepat penanganan bencana banjir tersebut. Semoga dengan respon yang baik ini, masyarakat dapat kembali ke tempat tinggalnya dan pelayanan kesehatan dapat kembali berjalan normal.