Perkembangan Covid-19 Harus Lebih Meningkatkan Kesadaran Protokol Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021

5

Perkembangan Covid-19 Harus Lebih Meningkatkan Kesadaran Protokol Kesehatan

Pada minggu ini, perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan hal yang sangat mengecewakan. Hal ini disebabkan data per-13 Juni 2021 menunjukkan angka kenaikan kasus nasional yang mengalami lonjakan yang signifikan hingga mencapai 38,3% dibanding dengan minggu-minggu sebelumnya. Adanya kenaikan kasus pada minggu ini, diperkirakan bersumber dari libur panjang Idul Fitri yang memicu masyarakat untuk bisa melakukan mobilitas secara padat di ruang publik.

Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa kenaikan yang sangat signifikan tersebut diduduki oleh DKI Jakarta yang mencapai 7.132 kasus yang diikuti oleh Jawa Tengah, Jawa Barat, Kemudian DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain itu, angka kematian juga dinilai mengalami kenaikan, terutama di Jawa Timur dengan persentase 4,9%.

Adanya mimpi buruk pada perkembangan kasus minggu ini, memberikan gambaran kepada masyarakat, bahwa pandemi Covid-19 masih ada disekitar kita, serta mengharuskan masyarakat untuk waspada dan kembali disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) dan Vaksinasi Covid-19 agar proteksi tubuh terhadap Covid-19 dapat secara maksimal dan menurunkan risiko paparan dan kematian akibat Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/perkembangan-mingguan-harus-disikapi-dengan-terus-menekan-kenaikan-kasus