PERTEMUAN PEMANTAPAN KOORDINASI ITC – DRR

Tuesday, 29 April 2008

3

PERTEMUAN PEMANTAPAN KOORDINASI ITC – DRR

Dalam rangka pelaksanaan ITC-DRR, Pusat Penanggulangan Krisis telah melaksanakan pertemuan Pemantapan Koordinasi ITC-DRR di Bali pada tanggal 23 – 24 April 2008.

Dalam rangka pelaksanaan ITC-DRR, Pusat Penanggulangan Krisis telah melaksanakan pertemuan Pemantapan Koordinasi ITC-DRR di Bali pada tanggal 23 – 24 April 2008. Pertemuan tersebut dihadiri oleh: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Direktur Rumah Sakit Provinsi, Rektor dan Dekan Fakultas Kedokteran di 9 Regional (Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI, Yogjakarta, Jawa Timur, Bali, Kalsel, Sulut, Sulsel) Dalam pertemuan tersebut membahas beberapa hal antara lain: Keputusan Menteri Kesehatan RI Tentang Penyelenggaraan Pelatihan International Pengurangan Resiko dan Diskusi Overview ITC-DRR. Adapun hasil dan rencana tindak lanjut pertemuan tersebut adalah sebagai berikut:

NO

POKOK BAHASAN

RENCANA TINDAK LANJUT

1

OVERVIEW ITC-DRR

a.

Semua civitas akademika, terutama di 9 PPK Regional, mengetahui keberadaan ITC-DRR dan mendukung serta terlibat secara aktif di dalam penyelenggaraan pelatihan tersebut.

b.

Batasan usia perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam kriteria peserta pelatihan

c.

Materi tambahan pelatihan mencakup muatan lokal yang disesuaikan dengan jenis bencana yang sering terjadi di daerah setempat.

2

PERSIAPAN TRAINING ITC-DRR

a.

Modul menggunakan metode table top baik u/ ITC-DRR di Yogya maupun Surabaya.

b.

Modul dalam SK disepakati sebagai format baku modul pelatihan ITC-DRR.

c.

Setiap universitas sepakat untuk mengembangkan dan memperkuat modul sesuai dengan situasi lokal.

d.

Penyelenggaraan ITC-DRR didahului oleh penyelenggaraan TOT dan pemilihan peserta didasarkan pada kriteria yang ditentukan.