PPKM dan PSBB sebagai langkah Adaptasi Perilaku di Tengah Pandemi

Sabtu, 23 Januari 2021

13

PPKM dan PSBB sebagai langkah Adaptasi Perilaku di Tengah Pandemi

Dalam rangka menciptakan masyarakat yang produktif sekaligus terhindar dari paparan Covid-19, pemerintah telah membuat berbagai kebijakan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna melindungi masyarakat dengan  meminimalisir mobilitas di luar rumah.

Adanya pembatasan tersebut diharapkan oleh pemerintah agar masyarakat bisa melakukan proses adaptasi kebiasaan baru dalam melaksanakan kegiatan sehari – hari di tengah masif nya penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Dalam keterangannya, Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa dalam penerapan PPKM di berbagai daerah selama satu minggu, belum terlihat adanya tanda-tanda perubahan secara signifikan. Untuk itu, dalam penerapan PPKM membutuhkan waktu yang lebih efektif dan berkontribusi agar mampu membawa situasi Covid-19 di Indonesia menuju kondisi yang lebih baik.

Maka dengan demikian, diharapkan masyarakat mampu untuk berkontribusi dalam menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan baik dan patuh. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga angka kasus penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dapat segera berkurang secara drastis dan masyarakat bisa kembali menjalankan kegiatan sehari-hari dengan normal tanpa khawatir akan paparan Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/hindari-peningkatan-kasus-dengan-adaptasi-perubahan-perilaku