Prokes dan PHBS adalah Kunci Penting Mencegah Penularan COVID-19

153

Prokes dan PHBS adalah Kunci Penting Mencegah Penularan COVID-19

Adanya kenaikan kasus COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir, memberikan gambaran kepada kita bahwa kerjasama yang baik antar seluruh elemen masyarakat masih harus terus dilakukan dalam menerapkan berbagai instrumen pencegahan dan pengendalian pandemi COVID-19.

Pada keterangannya dalam agenda keterangan secara virtual, Selasa (21/6/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 mengajak seluruh masyarakat untuk mulai menerapkan 2 hal penting dalam pencegahan COVID-19, yaitu protokol kesehatan 5M dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan protokol kesehatan dan PHBS yang wajib kita laksanakan bersama, diantaranya adalah:

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun

  2. Menjaga jarak

  3. Menggunakan masker

  4. Mengurangi mobilitas

  5. Menghindari kerumunan

  6. Makan makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur

  7. Beraktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan mampu meminimalisir potensi kenaikan kasus COVID-19 di tengah masyarakat.

Pencegahan Penyebaran COVID-19

Tidak hanya itu, protokol kesehatan dan PHBS juga harus didukung dengan penggunaan vaksin COVID-19 dosis primer maupun booster untuk meminimalisir hospitalisasi dan kematian akibat COVID-19. Vaksinasi juga berfungsi sebagai pembentuk herd Immunity atau kekebalan kelompok di tengah masyarakat yang sangat bermanfaat bagi pencegahan penyebaran COVID-19.

Segera lakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan melalui fitur telemedicine ketika mengalami gejala COVID-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, serta sesuai dengan prosedur penanganan COVID-19.