Protokol Kesehatan Sederhana Dapat Menyelamatkan Banyak Nyawa

Rabu, 13 Januari 2021

14

Protokol Kesehatan Sederhana Dapat Menyelamatkan Banyak Nyawa

Dalam rangka meminimalisir infeksi virus dan memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengajak seluruh masyarakat untuk menjalankan dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari – hari baik di dalam rumah, di luar rumah maupun di tempat – tempat yang rawan akan penularan Covid-19.

Selain dalam rangka menjaga diri sendiri dari paparan Covid-19, menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak juga dapat melindungi keluarga, sahabat, dan juga orang – orang disekitar kita. Adanya penguatan sosialisasi mengenai protokol kesehatan ini juga akan membantu mengurangi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga ketersediaan tempat tidur dirumah sakit dapat diantisipasi.

Dalam pernyataanya, Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Indonesia memberikan himbauan bahwa hal sederhana yang kita lakukan akan dapat menyelamatkan orang banyak, hal sederhana ini bisa kita lakukan dengan mudah dibandingkan harus kehilangan orang yang dicintai selama – lamanya.

Penguatan sosialisasi protokol kesehatan ini didasari dengan peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir yang cukup signifikan,  sehingga keterisian rumah sakit menjadi penuh dan memberikan beban yang berat bagi para tenaga kesehatan. Melihat kasus peningkatan yang mencapai 10 ribu perhari, maka dikhawatirkan sistem kesehatan Indonesia akan lumpuh.

Untuk itu pemerintah dan masyarakat diharapkan bisa terus menerapkan protokol kesehatan, sehingga kasus Covid-19 di Indonesia tidak terus menerus meningkat dan menyebabkan keterisian rumah sakit akan semakin sedikit dan sistem kesehatan Indonesia menjadi lumpuh.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/disiplin-3m-hal-sederhana-yang-dapat-menyelamatkan-nyawa