RS LAPANGAN DEPKES – PMI

Friday, 16 June 2006

4

RS LAPANGAN DEPKES – PMI

Bencana gempa yang mengguncang Prov. DI Yogyakarta dan Jawa Tengah tanggal 27 Mei lalu menimbulkan ribuan korban jiwa dan luka-luka, selain itu pula mengakibatkan kerusakan beberapa fasilitas kesehatan. Untuk memberikan pelayanan kesehatan darurat secara cepat dan tepat Departemen Kesehatan bersama Palang Merah Indonesia mendirikan Rumah Sakit Lapangan di Kab. Bantul.

Rumah Sakit Lapangan yang mulai beroperasi 4 hari pasca gempa, memiliki 6 tenda rawat inap dengan kapasitas 60 tempat tidur, 1 tenda operasi, 1 tenda X-Ray, 1 tenda UGD, 1 tenda rawat jalan, 1 tenda farmasi, 1 tenda logistik dan 3 tenda untuk tenaga kesehatan. Rumah Sakit Lapangan ini dilengkapi fasilitas air bersih yang dipasok dari PDAM Kab. Bantul, sarana sanitasi darurat dan laundry.

Tenaga kesehatan yang bekerja saat ini berasal dari tim RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar dan PMI Bogor. Sebelum tim dari Makassar, tim dari RSUP Dr. Soetomo Surabaya juga pernah bertugas di RS Lapangan yang berlokasi di Lapangan Dwi Windu ini. Sampai tanggal 17 Juni 2006, sebanyak 617 pasien telah menjalani rawat inap dan 91 operasi telah dilakukan di Rumah Sakit Lapangan ini.