Selamat Memperingati “ Hari Hepatitis Sedunia ”, 28 Juli 2021, “ Segera Tangani Hepatitis ”

Rabu, 28 Juli 2021

369

Selamat Memperingati “ Hari Hepatitis Sedunia ”, 28 Juli 2021, Segera Tangani Hepatitis

Salam Sehat Sobat Kriskes

Selamat memperingati "Hari Hepatitis Sedunia", 28 Juli 2021.

Hepatitis merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh berbagai sebab seperti bakteri, virus, proses autoimun, obat-obatan, perlemakan, alkohol dan zat berbahaya lainnya. Hepatitis merupakan tantangan kesehatan masyarakat global terutama Hepatitis Virus, dimana sebanding dengan penyakit menular penting lainnya seperti HIV, Tuberkulosis dan Malaria. Hepatitis Virus sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D dan Hepatitis E. Indonesia sendiri merupakan Negara dengan pengidap hepatitis B nomor 2 terbesar di antara negara-negara anggota WHO SEAR (South East Asian Region).

Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tahun 28 Juli dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian, kepedulian, pengetahuan seluruh komponen masyarakat dan berbagai pihak akan pentingnya pencegahan dan pengendalian Hepatitis seperti :

  1. Eliminasi virus hepatitis dan masa depan bebas hepatitis untuk ibu dan anak-anak.
  2. Peningkatan pemantauan bayi pada program triple eliminasi.
  3. Berkomitmen untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian hepatitis terintegrasi.
  4. Memastikan layanan hepatitis esensial berkelanjutan selama pandemi COVID-19.

Pada tahun 2021 Hari Hepatitis Sedunia mengusung tema global "Hepatitis Can"t Wait" dan tema nasional "Segera Tangani Hepatitis" dengan tagline "HepCan’tWait" dan "Hepatitis Segera Tangani!" serta hastag "#hepatitiscan’twait" dan "#Hepatitis, Cegah, Deteksi, dan Tangani". Sub tema yang di ambil pada Hari Hepatitis Sedunia tahun 2021 yaitu :

  1. Segera deteksi dini hepatitis B Ibu Hamil dan vaksinasi hepatitis B pada bayi.
  2. Segera sediakan akses deteksi dini dan pengobatan hepatitis C.
  3. Segera berkomitmen upaya pencegahan dan pengendalian hepatitis terintegrasi.
  4. Segera cegah hepatitis B dengan imunisasi hepatitis B.

Pada tahun 2021 Kementerian Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia menyelenggarakan kegiatan Lomba Foto, Siaran Radio Kesehatan, Seminar Hepatitis yang diadakan secara virtual pada tanggal 28 Juli 2021 pukul 09.00 s.d 12.30 WIB dan Temu Media yang diadakan secara virtual pada tanggal 28 Juli 2021 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan komitmen untuk menciptakan generasi bangsa indonesia yang bebas dari hepatitis.

Mari dimasa pandemi COVID-19 ini selain menjaga diri kita dari COVID-19 dengan menerapakan protokol kesehatan (3M), kita jaga diri kita dari Hepatitis dengan melaksanakan program "Pelita Hati" dalam rangka pencegahan dan pengendalian Hepatitis, yang meliputi :

  1. Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), terapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah dan mengendalikan hepatitis.
  2. Imunisasi, berikan imunisasi secara lengkap dan tepat waktu untuk memberikan perlindungan dari hepatitis.
  3. Temukan, temukan segera dengan deteksi dini hepatitis B dan atau C pada ibu hamil dan kelompok berisiko terinfeksi hepatitis lainnya.
  4. Tangani, tangani segera dengan melakukan tatalaksana atau pengobatan secara tepat sesuai anjuran dokter hingga sembuh/virus terkontrol dan tidak menularkan ke orang lain.
  5. Hilangkan Hepatitis, lakukan upaya pencegahan dan pengendalian secara dini dan tepat sehingga hepatitis dapat dieliminasi.

"Cegah, Deteksi dan Tangani Hepatitis"
"Indonesia Bebas Hepatitis, Indonesia Sehat"
"Bebas Hepatitis, Bebas Pandemi COVID-19"