SOSIALISASI POTENSI BENCANA TAHUN 2007

Kamis, 28 Juni 2007

47

SOSIALISASI POTENSI BENCANA TAHUN 2007

Wilayah Indonesia dikenal secara geografis dan geologis termasuk daerah rawan bencana, baik yang disebabkan karena peristiwa alam maupun karena ulah manusia. Bencana yang terjadi akan menimbulkan masalah kesehatan mulai dari timbulnya korban massal, pengungsian, kekurangan gizi, kekurangan air bersih, serta timbulnya penyakit menular dan sebagainya. Untuk mendukung terlaksananya penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana di daerah maka diperlukan adanya pemahaman yang baik terhadap usaha penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, untuk itu perlu dilaksanakan sosialisasi potensi bencana terhadap penanggulangan krisis dan kesehatan lainnya.

Pusat Penanggulangan Krisis mengadakan pertemuan Kegiatan Sosialisasi Potensi Bencana dari bulan Juni hingga September 2007 di 22 Provinsi di Indonesia. Pertemuan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kab/Kota, Pemda, Bappeda, KKP, dan Rumah Sakit Provinsi.

Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk memantapkan serta menggerakkan jajaran kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada penanggulangan krisis dan masalah kesehatan lainnya termasuk akibat kedaruratan bencana.